Rabu, 23 Januari 2019

latihan Mid Smester Genap



A.     Pilihlah salah satu jawaban yang benar !

1.       Industri yang mengandalkan kreatifitas seseorang/sekelompok orang dalam menghasilkan karya inofatif dinamakan ….


            a       Industry kreatif
            b     Ekonomi pertanian
            c     Ekonomi industry
            d     Ekonomi informasi
            e     Ekonomi teknologi



2.        Industri kreatif di Indonesia dibagi dalam 14 sub sector, dibawah ini termasuk sub bab sector industri kreatif, Kecuali :


            a     Desain
            b     Pertanian
            c     Fesyen
            d       Kerajinan
            e     Seni pertunjukan



3.       Hubungan antara ketersediaan barang di pasar dan permintaan pembeli    merupakan….


a.      Hukum Jual beli
b.    Hukum permintaan dan persediaan
c.    Hukum Ekonomi dasar
d.    Rumus ekonomi dasar
e.    Hukum produksi 



4.       Jika ketersediaan barang melebihi permintaan pembeli, maka yang terjadi adalah…


             a.       Biaya produksi meningkat
             b      Harga barang menjadi tinggi
             c       Harga bahan baku mahal
            d.      Harga barang menjadi rendah
            e      Barang tidak laku


           
5.       Yang termasuk ke dalam hiasan eksterior, adalah…
              

            a      Kincir angin
            b   Lukisan
            c      Frame foto
            d.      Lampu hias
            e.       Gelang



6.       Sisa suatu usaha atau dalam suatu proses kegiatan      disebut….


             a.       Bahan  baku
              b.      Limbah
             c.       Kerajinan
            d.      Bahan jadi
            e.       Bahan ½ jadi




7.       Sebuah produk hiasan pada umumnya terdiri atas bahan utama dan bahan pendukung. Yang termasuk ke dalam bahan pendukung pada kerajinan bingkai photo adalah… Kecuali;


            a.        Aksesoris
            b.      Lem
            c.       Paku
           d.      Kayu
             e.       Cat



8.       Pendekatan untuk memperoleh ide produk hiasan adalah.. kecuali;
              a.       Siapa calon pembeli dan bagaimana seleranya
               b.      Eksplorasi material untuk inovasi estetik baru
              c.       Pikirkan suatu tempat dan hiasan apa yang dibutuhkan di tempat itu
              d.      Berkunjung ke daerah lain dan melihat contoh produk kerajinan hiasan
              e.       Membuat produk kemudian memasarkannya secara door to door.

9.       Yang dimaksud dengan pengembangan produk kerajinan hiasan adalah…
             a.        Memproduksi produk kerajinan hiasan dari awal
             b.       Memproduksi produk kerajinan hiasan yang sudah ada kemudian dikembangkan                     menjadi produk lain
             c.        Memproduksi produk kerajinan hiasan tanpa ada perubahan dari awal membuat
             d.       Produk kerajinan yang dibuat dan diperbanyak di pabrik  model
             e.       Produk kerajinan hiasan rumahan dikembangkan jadi produk pabrik


10.   Yang termasuk ke dalam biaya proses produksi kerajinan hiasan dari limbah adalah..


a.    Membayar gaji karyawan
b.    Membeli bahan baku.
c.    Membeli peralatan
d.    Membayar pembersihan limbah
e.    Membayar Transport limbah



11.   Rumus untuk menghitung harga pokok produksi adalah


            a.       Biaya bahan baku dibagi jumlah produk
             b.       Biaya produksi dibagi jumlah produk
            c.       Biaya tenaga kerja dibagi jumlah produk
             d.       Biaya promosi + Biaya karyawan + Bahan baku dibagi Jumlah produk
            e.       Semua salah



12.   Bahan baku limbah untuk kerajinan hiasan sangat banyak sekali jenis dan macamnya. Yang termasuk ke dalam bahan baku limbah alami adalah…


a.       Plastik Bekas detergen
b.      Koran bekas
c.       Kaca sisa pemotongan
d.      Botol Plastik sisa minuman
e.       Kulit jagung 




13.   Berikut ini yang bukan unsur – unsur dalam sebuah manajemen adalah ….


a.       Man
b.       Money
c.       Method
d.       Material
e.       Merger



14.   Di bawah ini unsur – unsur produksi adalah ….


a.       Biaya bahan baku
b.       Biayatenaga kerja
c.       Biaya Overhead
d.       Hanya jawaban a dan b yang bernar
e.       Jawaban a, b dan c benar



15.   Nama Produk      : Gelang dari botol Plastik
Waktu produksi  : 2 hari
Jumlah produk yang dihasilkan : 100 buah
No
Unsur Produksi
Jumlah
Harga satuan (Rp)
Biaya (Rp)

Bahan Baku



1
Botol Plastik
35 buah
0
0
2
Benang
1 Gulung
10.000,00
10.000,00

Tenaga kerja



3
Pengrajin
5 x 2
40.000,00
400.000,00

Overhead



4
Angkut limbah
1 x
20.000,00
20.000,00
5
Sabun cuci
1 bitol
10.000,00
10.000,00

Biaya produksi


440.000,00
Besar biaya tenaga kerja adalah …


a.       Rp. 400.000,00
b.       Rp. 600,000,00
c.       Rp. 500,000,00
d.       Rp. 450.000,00
e.       Rp. 440.000,00



16.   Dalam menciptakan peluang pengolahan makanan khas daerah, factor – factor yangdpat memunculkan ide usaha adalah factor internal dan factor eksternal. Di bawah ini yang bukan factor internal adalah ….
a.       Pengetahuan yang dimiliki
b.       Pengalaman dari individu itu sendiri
c.       Pengalaman saat ia melihat orang lain menyelesaikan masalah
d.       Masalah yang dihadapi belum selesai
e.       Intuisi yang merupakan pemikiran yangmuncul dari individu itu sendiri

17.   Resiko usaha adalah kegagalan atau ketidak berhasilan dalam menangkap peluang usaha, resiko usaha dapat ditimbulkan harena hal – hal berikut ini,  kecuali ;
a.       Permintaan (perubahan mode, selera dan daya beli)
b.       Perubahan Konjungfur (perubahan kondisi perekonomian yang pasang surut
c.       Persaingan
d.       Akibat lain (seperti bencana alam, perubahan aturan, perubahan teknologi dan lain – lain)
e.       Adanya kreatifitas
18.   Di bawah ini adalah hal – hal yang dapat mnyebabkan kegagalan usaha, keculai;


a.       Tidak adanya tujuan tertentu dalam usaha
b.       Percaya diri dan keyakinan terhadap diri sendiri
c.       Kurang berambisi
d.       Tidak disiplin
e.       Pendidikan yang tidak cukup



19.   Keberhasilan seorang wirausaha dalam menjalankan usahanya dapat diidentifikasikan sebagai berikut, Kecuali ;
a.       Keyakinan yang kuat dalam berusaha
b.       Sikap mental yang positif dalam berusaha
c.       Tidak dapat bekerja sama dengan orang lain
d.       Tingkah laku yang dapat dipercaya
e.       Adanya pemikiran yang besar untuk menciptakan sesuatu yang baru

20.   Di bawah ini yang bukan produk pangan khas daerah hewani adalah ….


a.       Asinan
b.       Telur asin
c.       Ikan asin
d.       Dadieh
e.       Rendang



21.   Di bawah ini termasuk produk pangan khas daerah nabati, Kecuali ;


a.       Asinan
b.       Rendang
c.       Fruit leather
d.       Kripik buah
e.       Mochi





22.   Modifikasi pangan dilakukan untuk beberapa tujuan, diantaranya, Kecuali ;


a.       Usia produk agar lebih awet
b.       Meningkatkan tingkat higienis produk
c.       Membuat produk dengan varian baru
d.       Mempermudah promosi
e.       Menghaislkan tekstur pangan yang berbeda



23.   Kemasan produk pangan mempunyai persyaratan diantaranya ….
a.       Kemasan harus harus dapat melindungi isi dari pengaruh lingkungan dan saat distribusi
b.       Kemasan harus menjadi media penandaan terhadap barang yang dikemas, sehingga pelabelan harus tercetak dengan jelas dan komplet
c.       Kemasan harus dapat mempromosikan diri sendiri bila dipajang di etalase atau swalayan.
d.       Bahan kemasan akan lebih baik jika ramah lingkungan dan dapat didaur ulang
e.       Semua jawaban benar

24.   Pemilihan tempat menjual produk dapat dilakukan dengan cara ….
a.       Lokasi penjualan sebaiknya yang mudah dijangkau konsumen
b.       Lokasi penjualan yang memiliki fasilitas yang memuaskan konsumen
c.       Lokasi yang mempunyai nilai tambahada arena bermain anak dan dan keluarga, suasana belanja dan bertamasya
d.       Jawaban a dan b benar
e.       Jawaban a, b dan c benar

25.   Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam penetapan harga produk adalah …..
a.       Mempertimbangkan harga pokok produk
b.       Menyesuaikan harga produk dengan pasar yang kita bidik
c.       Melakukan perbandingan harga dengan produk sejenis yang sudah ada
d.       Jawaban  a dan b benar
e.       Jawaban a, b dan c benar

26.   Usaha memperluas macam barang yang akan dijual dan merupakan sebuah strategi perusahaan untuk menaikkan penetrasi pasar dinamakan ….


a.       Intensifikasi
b.       Ekstensifikasi
c.       Diversifikasi
d.       Spesialisasi
e.       Verifikasi



27.   Pendorong utama diversifikasi produk ialah ….


a.       Keinginan mengadakan perluasan usaha
b.       Mengembangkan pasar
c.       Keinginan menjual produk
d.       Mengenalkan produk kreatif
e.       Mengenalka produk ke pasar



28.   Pada metode tradisional, tangkah yang dijalankan dalam produksi adalah sebagai berikut …


a.       Setiap lima orang melakukan setiap tahapan produksi
b.       Tiga orang melakukan setiap tahapan produksi
c.       Satu orang melakukan setiap tahapan produksi
d.       Satu orang hanya melakukan satu tahap produksi
e.       Dua orang melakukan satu tahap produksi



29.   Hasil produksi di bawah ini yang termasuk kategori ruang lingkup kerajinan tangan berbahan limbah padat ialah ….


a.       Logo sekolah
b.       Gambar konstruksi jembatan
c.       Anyaman tas dari plastic tempat detergen
d.       Program input data pegawai
e.       Gambar ikan lele



30.   Berdasarkan tujuan budidayanya ayam dikelompokkan menjadi …..
a.       Ayam pedaging, ayam petelur, ayam dwiguna dan ayam ornamental
b.       Ayam petelur, ayam pedaging, ayam dwiguna dan ayam aduan
c.       Ayam kalkun, ayam bekisar, ayam kampong
d.       Ayam ringan dan ayam medium
e.       Ayam coklat dan ayam putih

31.   Proses ini perlu dilakukan pada permukaan produk agar rapi, menarik, dan awet adalah ….


a.       Pembahanan
b.       Pembentukan
c.       Perakitan
d.       Finishing
e.       Upgrade



32.   Mempersiapkan bahan baku agar siap diproduksi merupakan salah satu teknik dalam tahapan produksi yaitu pada tahap ….


a.       Pembahanan
b.       Pembentukan
c.       Perakitan
d.       Finishing
e.       Upgrade



33.   Kegiatan ini ditujukan untuk memperkenalkan fungsi dan keunggulan dari sebuah produk ….


a.       Promosi
b.       Labeling
c.       Riset pasar
d.       Desain produk
e.       Pembahanan



34.   Seluruh biaya modal yang telah dikeluarkan sudah kembali …


a.       Overload
b.       Disparitas
c.       Overhead
d.       Titik impas
e.       Titik jenuh



35.   Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati produk pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, perairan, dan air, baik yang diolah maupun tidak diolah yang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia, termasuk bahan tambahan Pangan, bahan baku Pangan, dan bahan lainnya yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan, dan/atau pembuatan makanan atau minuman. Hal tersebut pengertian pangan menurut Undang – undang pangan nomor ….


a.       18 tahun 2012
b.       19 tahun 2012
c.       18 tahun 2013
d.       19 tahun 2013
e.       20 tahun 2012



36.   Hak untuk memperoleh pangan merupakan salah satu hak asasi manusia, sebagaimana terebut dalam UUD 1945 pasal ….


a.       21
b.       23
c.       27
d.       29
e.       31




37.   Cara pemeliharaan unggas dengan dilepas dan dikandangkan sehingga sebagian pakan disediakan oleh peternak dan sebagian lagidicari sendiri oleh unggas merupakan pemeriharaan system….


a.       Intensif
b.       Inseminasi
c.       Induksi
d.       Ekstensif
e.       Semi intensif




38.    Di bawah ini bahan hewani untuk produk kesehatan adalah ….


a.       Telur
b.       Rimpang jahe
c.       Kulit kayu secang
d.       Daun sirih
e.       Belimbing wuluh


39.   Cacing tanah sangat popular   untuk menyembuhkan penyakit ….


a.       Tifus
b.       Jantung
c.       Stroke
d.       Darah tinggi
e.       Rematik



40.   Berikut merupakan alasan seseorang berwirausaha produk kesehatan, kecuali ;
a.       Indonesia kaya bahan baku
b.       Pasar terbuka lebar
c.       Teknologi pengolahan cukup sederhana dan dapat dipelajari
d.       Investasi dan alat mesin dapat disesuaikan dengan dana yang tersedia
e.       Caranya mudah.

A.     Jawablah pertanyan beriku ini !
1.       Jelaskan Tahapan produksi baik untuk produkhiasan maupun produk fungsional !
2.       Apa perbedaan produksi metode tradisional dan metode Modern !
3.       Jelaskan yang dimaksud dengan Titik Impas ( Break Even Point) dalam membuat sebuah produk !
4.       Diketahui informasi Sebagai berikut :
        Total Biaya Tetap (FC) senilai Rp 100 .000.000,-
       Total Biaya Variabel (VC) per unit senilai Rp 60 000,-
       Harga jual barang per unit senilai Rp 80.000,-
      Buatlah Break Even Point dalam rupiah dan unit !
5.       Jelaskan ciri – ciri dari ayam jantan  !





Tidak ada komentar:

Posting Komentar