Senin, 17 Februari 2020

Latihan Mid semester genap

A.      Pilihlah salah satu jawaban yang benar !

1.       Dalam berwirausaha kerap kita menemui kegagalan (lebih banyak) dan keberhasilan, sikap apa yang dapat kita tunjukan sebagai manusia yang beragama, bertuhan jika dalam berwirausaha menemui banyak kegagalan
a.       Tetap berusaha mencari peluang dan banyak belajar dari pengalaman disertai dengan selalu berdo’a
b.       Frustrasi meratapi nasib
c.       Mengadu kepada teman di media jejaring sosial
d.       Tetap berusaha dan menjadi kuat, berani untuk menghalalkan segala cara
e.       Lebih baik menyerah diri dan mendaki gunung untuk mencari inspirasi baru

2.       Dalam analisis SWOT, W adalah weakness yang artinya :
a.        Kekuatan
b.       Kelemahan
c.       Peluang
d.       Ancaman
e.       Persaingan

3.       Pengelola usaha sebelum membuka usaha terlebih dahulu akan mempertimbangkan saingan yang sudah ada ,ini merupakan penganalisaan SWOT dari…
a.        Kekuatan
b.       Peluang
c.       Ancaman
d.       Kelemahan
e.       Persaingan

4.       Faktor yang paling utama pendukung keberhasilan usaha adalah :
a.        faktor organisasi
b.       faktor administrasi
c.       faktor keuangan
d.       faktor manusia
e.       faktor perencanaan

5.       Industri kreatif di Indonesia dibagi dalam 14 sub sector, dibawah ini termasuk sub bab sector industri kreatif, Kecuali :
a.       Desain
b.       Fesyen
c.       Kerajinan
d.       Seni pertunjukan
e.       Pertanian





6.       Kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru baik berupa gagasan maupun karya nyata dan berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya disebut :
a.       Kreatif
b.       Produktif
c.       Konsumtif
d.       Posesif
e.       Inovatif

7.       Produk  inovatif akan dapat diterima dengan baik oleh pasar dan memiliki pembeli apabila . . . .
a.       Harga jualnya sesuai dengan pasar yang dituju
b.       Memiliki keunikan bentuk
c.       Tidak ada pesaing
d.       Mengikuti tren pasar
e.       Harganya murah

8.       Produk fungsiona l harus mempertimbangkan masalah berikut, yaitu ….
a.       Kreatifitas
b.       Desain dan merek
c.       Kontruksi dan kenyamanan penggunaan
d.       Unsure seni harus dominan
e.       Tidak harus memiliki kontruksi yang terlalu kuat

9.       Biaya listrik, biaya untuk membersihkan bahan baku, biaya untuk mengangkut bahan baku ke tempat produksi merupakan sa;lah satu unsure biaya produksi yang berupa ….
a.       Biaya tenaga kerja
b.       Biaya overhead
c.       Biaya bahan baku
d.       Biaya transportasi
e.       Biaya promosi

10.   Wirausahawan Parjo membuka usaha warung Bakso dengan biaya-biaya yang dikeluarkan sebagai berikut :
Sewa tempat                     :   Rp. 12.000.000,- pertahun
Biaya Bahan baku           :   Rp.           3.000,- per porsi
Biaya retribusi                 :   Rp.         50.000,- per bulan
Harga jual                           :  Rp.           6.000,- per porsi
Berapa rupiahkah omzet per bulan yang harus dicapai parjo untuk mencapai BEP?
a.       Rp. 2.100.000,-
b.       Rp. 2.000.000,-
c.       Rp. 1.500.000,-
d.       Rp. 1.050.000,-
e.       Rp. 1.750.000,-

11.   Jika ketersediaan barang melebihi permintaan pembeli, maka yang terjadi adalah…
a.      Harga barang menjadi rendah
b.      Biaya produksi meningkat
c.       Harga barang menjadi tinggi
d.      Harga bahan baku mahal
e.      Barang tidak laku

12.   Yang termasuk ke dalam hiasan eksterior, adalah…
a.      Lukisan
b.      Kincir angin
c.       Frame foto
d.      Lampu hias
e.      Bandu

13.   Sisa suatu usaha atau dalam suatu proses kegiatan disebut….
a.      Bahan baku
b.      Kerajinan
c.       Limbah
d.      Bahan jadi
e.      Bahan ½ jadi


14.   Sebuah produk hiasan pada umumnya terdiri atas bahan utama dan bahan pendukung. Yang termasuk ke dalam bahan pendukung pada kerajinan bingkai photo adalah… Kecuali;
a.      Kayu
b.      Lem
c.       Paku
d.      Aksesoris
e.      Cat

15.    Pendekatan untuk memperoleh ide produk hiasan adalah.. kecuali ;
a.       Siapa calon pembeli dan bagaimana seleranya
b.       Eksplorasi material untuk inovasi estetik baru
c.       Pikirkan suatu tempat dan hiasan apa yang dibutuhkan di tempat itu
d.       Berkunjung ke daerah lain dan melihat contoh produk kerajinan hiasan
e.       Membuat produk kemudian memasarkannya secara door to door.

16.   Yang dimaksud dengan pengembangan produk kerajinan hiasan adalah…
a.        Memproduksi produk kerajinan hiasan dari awal
b.       Memproduksi produk kerajinan hiasan tanpa ada perubahan dari awal membuat
c.       Produk kerajinan yang dibuat dan diperbanyak di pabrik  model
d.       Produk kerajinan hiasan rumahan dikembangkan jadi produk pabrik
e.       Memproduksi produk kerajinan hiasan yang sudah ada kemudian dikembangkan menjadi produk lain

17.   Rumus untuk menghitung harga pokok produksi stiap unit adalah…
a.       Biaya bahan baku dibagi jumlah produk
b.       Biaya produksi dibagi jumlah produk
c.       Biaya tenaga kerja dibagi jumlah produk
d.       Biaya promosi + Biaya karyawan + Bahan baku dibagi Jumlah produk
e.       Semua salah

18.   Bahan baku limbah untuk kerajinan hiasan sangat banyak sekali jenis dan macamnya. Yang termasuk ke dalam bahan baku limbah alami adalah…
a.      Plastik Bekas detergen
b.      Koran bekas
c.       Kulit jagung 
d.      Kaca sisa pemotongan
e.      Botol Plastik sisa minuman

19.   Berikut ini yang bukan unsur – unsur dalam sebuah manajemen adalah ….
a.       Man
b.       Merger
c.       Money
d.       Method
e.       Material



20.   Nama Produk      : Gelang dari botol Plastik
Waktu produksi  : 2 hari
Jumlah produk yang dihasilkan : 100 buah
No
Unsur Produksi
Jumlah
Harga satuan (Rp)
Biaya (Rp)

Bahan Baku



1
Botol Plastik
35 buah
0
0
2
Benang
1 Gulung
10.000,00
10.000,00

Tenaga kerja



3
Pengrajin
5 x 2
40.000,00
400.000,00

Overhead



4
Angkut limbah
1 x
20.000,00
20.000,00
5
Sabun cuci
1 bitol
10.000,00
10.000,00

Biaya produksi


440.000,00
Besar biaya tenaga kerja adalah …
a.       Rp. 400.000,00
b.       Rp. 500,000,00
c.       Rp. 450.000,00
d.       Rp. 600,000,00
e.       Rp. 440.000,00

21.   CV. Andhyta di Bandung membeli 2.000 kg kopi @ Rp 2.500,00. Ongkos pengiriman Rp 200.000,00 sedangkan biaya pengadaan, biaya promosi dan biaya pemeliharaan Rp 400.000,00. Keuntungan 10 % dari harga pokok. Harga jual kopi per kg adalah….
a.       Rp 3.080,00
b.       Rp 2.800,00
c.       Rp 2.960,00
d.       Rp 3,140,00
e.       Rp 3.220,00

22.   Resiko usaha adalah kegagalan atau ketidak berhasilan dalam menangkap peluang usaha, resiko usaha dapat ditimbulkan harena hal – hal berikut ini,  kecuali ;
a.       Permintaan (perubahan mode, selera dan daya beli)
b.       Adanya kreatifitas
c.       Perubahan Konjungfur (perubahan kondisi perekonomian yang pasang surut
d.       Persaingan
e.       Akibat lain (seperti bencana alam, perubahan aturan, perubahan teknologi dan lain – lain)

23.   Modifikasi pangan dilakukan untuk beberapa tujuan, diantaranya, Kecuali ;
a.       Usia produk agar lebih awet
b.      Meningkatkan tingkat higienis produk
c.       Mempermudah  promosi
d.      Membuat produk dengan varian baru
e.       Menghasilkan tekstur pangan yang berbeda

24.   Kemasan produk pangan mempunyai persyaratan diantaranya ….
a.       Kemasan harus harus dapat melindungi isi dari pengaruh lingkungan dan saat distribusi
b.       Kemasan harus menjadi media penandaan terhadap barang yang dikemas, sehingga pelabelan harus tercetak dengan jelas dan komplet
c.       Kemasan harus dapat mempromosikan diri sendiri bila dipajang di etalase atau swalayan.
d.       Bahan kemasan akan lebih baik jika ramah lingkungan dan dapat didaur ulang
e.       Semua jawaban benar

25.   Usaha memperluas macam barang yang akan dijual dan merupakan sebuah strategi perusahaan untuk menaikkan penetrasi pasar dinamakan ….
a.       Diversifikasi
b.       Intensifikasi
c.       Ekstensifikasi
d.       Spesialisasi
e.       Verifikasi

26.   Pendorong utama diversifikasi produk ialah ….
a.       Mengembangkan pasar
b.       Keinginan mengadakan perluasan usaha
c.       Keinginan menjual produk
d.       Mengenalkan produk kreatif
e.       Mengenalkan produk ke pasar

27.   Pada metode tradisional, tangkah yang dijalankan dalam produksi adalah sebagai berikut …
a.       Tiga orang melakukan setiap tahapan produksi
b.       Satu orang melakukan setiap tahapan produksi
c.       Setiap lima orang melakukan setiap tahapan produksi
d.       Satu orang hanya melakukan satu tahap produksi
e.       Dua orang melakukan satu tahap produksi

28.   Berdasarkan tujuan budidayanya ayam dikelompokkan menjadi …..
a.       Ayam pedaging, ayam petelur, ayam dwiguna dan ayam ornamental
b.       Ayam petelur, ayam pedaging, ayam dwiguna dan ayam aduan
c.       Ayam kalkun, ayam bekisar, ayam kampong
d.       Ayam ringan dan ayam medium
e.       Ayam coklat dan ayam putih

29.   Kegiata wirausaha ikan lele, memerlukan biaya sebagai berikut :
1.       Peralatan    Rp. 500.000,-
2.       Biaya Tetap               Rp. 1.000.000,-
3.       Biaya Vaeriabel        Rp. 1.000.000,-
Produksi Ikan Lele 200 kg per bulan
Harga ikan lele Rp. 20.000,- per kg
Apakah kegiatan usaha budidaya ikan lele menguntungkan  atau rugi ?
a.       Untung Rp. 4.000.000,-
b.       Untung Rp. 1.500.000,-
c.       Rugi Rp. 1.000.000,-
d.       Rugi Rp. 500.000,-
e.       Impas

30.   Budidaya tanaman pangan kacang kedelai pada satu kali musim tanam, seluruh biaya produksi yang dikeluar adalah Rp. 3.000.000,- sedangkan hasil produksi 3.000 kg kacang kedelai. Maka, Harga pokok Produksi (HPP)  per kg adalah ….
a.       Rp. 1.000,-
b.       Rp. 1.250,-
c.       Rp. 1.500,-
d.       Rp. 2.000,-
e.       Rp. 2.250,-

31.   Mempersiapkan bahan baku agar siap diproduksi merupakan salah satu teknik dalam tahapan produksi yaitu pada tahap ….
a.       Finishing
b.       Pembahanan
c.       Pembentukan
d.       Perakitan
e.       Upgrade

32.   Kegiatan ini ditujukan untuk memperkenalkan fungsi dan keunggulan dari sebuah produk ….
a.       Labeling
b.       Riset pasar
c.       Promosi
d.       Desain produk
e.       Pembahanan

33.   Seluruh biaya modal yang telah dikeluarkan sudah kembali …
a.       Overload
b.       Disparitas
c.       Overhead
d.       Titik impas
e.       Titik jenuh

34.   Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati produk pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, perairan, dan air, baik yang diolah maupun tidak diolah yang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia, termasuk bahan tambahan Pangan, bahan baku Pangan, dan bahan lainnya yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan, dan/atau pembuatan makanan atau minuman. Hal tersebut pengertian pangan menurut Undang – undang pangan nomor ….
a.       18 tahun 2012
b.       19 tahun 2012
c.       18 tahun 2013
d.       19 tahun 2013
e.       20 tahun 2012

35.   Cara pemeliharaan unggas dengan dilepas dan dikandangkan sehingga sebagian pakan disediakan oleh peternak dan sebagian lagidicari sendiri oleh unggas merupakan pemeriharaan system….
a.       Intensif
b.       Inseminasi
c.       Semi intensif
d.       Induksi
e.       Ekstensif

A.     Jawablah pertanyan beriku ini !
1.       Apa perbedaan produksi metode tradisional dan metode Modern !
2.       Jelaskan tujuan pengemasan !
3.       Jelaskan yang dimaksud dengan Titik Impas ( Break Even Point) dalam membuat sebuah produk !
4.       Diketahui informasi Sebagai berikut :
        Total Biaya Tetap (FC) senilai Rp 100 .000.000,-
       Total Biaya Variabel (VC) per unit senilai Rp 60 000,-
       Harga jual barang per unit senilai Rp 80.000,-
      Buatlah Break Even Point dalam unit dan rupiah!

5.       PT. HIJAR adalah perusahaan yang bergerak makanan. Pada awal bulan Juni, PT. HIJAR memiliki persediaan bahan baku mentah sebesar Rp 60.000.000, bahan setengah jadi sebesar Rp 90.000.000, dan persediaan makanan siap jual sebesar Rp 120.000.000.Untuk proses produksi makanan di bulan Agustus membeli persediaan bahan baku sebesar Rp 750.000.000, dengan biaya pengiriman Rp 10.000.000. Selama proses produksi, terdapat biaya pemeliharaan buah-buahan sebesar Rp 9.000.000.Pada akhir bulan Juli terdapat sisa penggunaan bahan baku mentah sebesar Rp 50.000.000, sisa bahan setengah jadi sebesar Rp 8.000.000, dan sisa makanan siap jual sebesar Rp 25.000.000.
      Berapakah Harga pokok produksi dari PT. HIJAR?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar